Loading...

 
                 



Pelatihan Manajemen Data ILI dan SARI


Dalam rangka peningkatan implementasi Influenza Like Illness (ILI) dan Severe Acute Respiratory Infection (SARI) sentinel surveillance, Kemenkes bekerjasama dengan WHO menyelenggarakan pelatihan manajemen dan analisis data sentinel ILI-SARI serta pemanfaatan data ILI-SARI untuk Pandemic Influenza Severity Assessment (PISA). Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kapasitas sentinel ILI-SARI dan pemanfaatan data untuk memantau tren influenza dan COVID-19, sebagai bagian dari Global Influenza Surveillance and Response Network (GISRS).

Balai Besar Laboratorium Biologi Kesehatan, sebagai National Influenza Centre (NIC), berkesempatan mengikuti workshop ini yang berlangsung selama empat hari, dari tanggal 23 - 26 Juli 2024 di Ruang Rajawali Galeri Riset Kesehatan, Jakarta Pusat. Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, dr. Imran Pambudi, MPHM.

Workshop ini menghadirkan narasumber ahli seperti Dr. Pushpa Ranjan Wijesinghe dari WHO’s Health Emergency Programmes SEARO, Prof. Nuwan Wickramasinghe dari Rajarata University of Sri Lanka, Dr. Patranuch Sapchookul dari U.S. CDC Thailand, dan Holly Sadler, PhD dari WHO HQ.

Peserta mendapatkan pelatihan tentang manajemen data seperti Data Cleaning, Error Logs, Exercise of Pivot Tables, dan Automated Graphs . Peserta juga diajarkan bagaimana cara menggunakan Moving Epidemiological Average (MEM) dan membuat WHO Average Curve untuk menetapkan ambang batas PISA menggunakan aplikasi online WHO.

Secara keseluruhan, pelatihan ini sangat bermanfaat untuk penilaian tingkat keparahan pandemi influenza dan meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi pandemi di masa depan.